Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang – Caranya Mudah Banget! 4.96/5 (23)

Untuk mengawali pelajaran di sekolah ini, mari kita mencoba mengetahui bagaimana cara berkenalan dan memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang.

Kenapa harus bahasan ini yang menjadi pelajaran di hari pertama kita?

Yah.. karena kita baru bertemu, hendaknya kita saling berkenalan terlebih dahulu. Karena tak kenal berarti tak sayang.

Oke, tanpa membuang waktu lagi, mari kita mulai…

HAJIMEMASHOU!!! はじめましょう!!

自己 紹介
JIKO SHOUKAI
Perkenalan Diri

Dalam bahasa Jepang, berkenalan dan memperkenalkan diri sendiri itu mempunyai khas.

Dan alangkah baiknya jika kita mencoba untuk membiasakan diri mengikuti ke khasan nya itu.

Dalam bahasa Jepang, biasanya berkenalan diri itu diawali dengan kata.

Hajimemashite
始めまして
(baca = hajimemashte)

Kemudian dilanjut dengan menyebutkan nama, dan diakhiri dengan salam penutup dan ojigi.

Secara garis besarnya kayak gimana sih?

Oke, kita lihat contoh cara perkenalan diri dalam bahasa Jepang di bawah ini:

  • Hajimemashite 
    はじめまして
    *jika di Indonesia, ungkapan ini sama dengan … Salam Kenal
  • Watashi wa Yagami desu 
    私は夜神です
    Saya adalah Yagami
    *Watashi (私) artinya Saya
    *Yagami (夜神) adalah sebuah nama dari subjek yang memperkenalkan diri,
    *desu (です) adalah kopula (desu biasa dibaca “des”, tidak memiliki arti tapi sangat besar pengaruhnya dalam percakapan sehari-hari, seperti menandakan kesopanan, dll. Untuk jelasnya nanti kita akan mempelajarinya di pelajaran berikutnya).
  • Yoroshiku Onegai Shimasu 
    よろしくおね願いします
    *Jika di Indonesia, ungkapan ini kurang lebih sama dengan “Senang berkenalan dengan Anda”.
  • Lalu diakhiri dengan Ojigi お辞儀 
    *Hormat a’la jepang dengan cara menundukkan badan

Nah bagaimana? Sudah menangkap maksudnya?? Coba mari kita ulangi dan gabungkan…

  • Hajimemashite (はじめまして)
  • Watashi wa Yagami desu (私は夜神です)
  • Yoroshiku Onegai Shimasu (よろしくおね願いします)

Oke, begitulah cara memperkenalkan diri di Jepang, dan jangan lupa memberikan hormat a’la jepang yang sangat khas (Ojigi)

Selain contoh di atas, kamu pun bisa menambahkan beberapa profil kamu di dalamnya, misalkan ingin menambahkan dimana kamu bekerja, darimana asal kamu, dll.

Kita lihat contohnya yuk…!!!

Cara Perkenalan Diri Bahasa Jepang Secara Detail​

  1. Hajimemashite 
    はじめまして
  2. Watashi wa Yagami desu 
    私は夜神です
  3. Indoneshia kara kimashita 
    インドネシア から 来ました
    Saya dari Indonesia
    *Kalau bukan dari Indonesia, ya… tinggal diganti saja kata “Indonesia” nya
  4. Weihome Kaisha no kenshuusei desu.
    WEIHOME 会社 の 研修生 です
    Saya pemagang dari perusahaan Weihome
    *Di jepang, banyak sekali orang Indonesia yang tinggal di sana untuk magang di perusahaan-perusahaan Jepang. Para pemagang disebut “Jisshuusei 実習生”
  5. Douzo Yoroshiku.
    どうぞ よろしく
    *Douzo Yoroshiku sama dengan “yoroshiku onegai shimasu”

Aku tahu, mungkin kamu bingung dengan tulisan Jepang seperti kana dan kanji di atas. Sengaja aku masukkan di hari pertama pelajaran kita ini, karena aku ingin membiasakan kamu untuk melihat tulisan-tulisan Jepang. 

Dan ini menunjukkan juga bahwa kamu memang harus bisa menulis dan membaca tulisan-tulisan Jepang. 

Tapi tenang, jangan khawatir… Di bab 2 aku akan memberikannya secara lebih detail.

Bagaimana?? 

Sudahkah kamu mengerti tentang pelajaran hari ini?? 

Jika belum, harap membaca kembali… 

Jika sudah, saatnya latihan…

練習
Renshuu
Latihan

Cobalah kamu memperkenalkan diri kepada teman kamu dengan bahasa Jepang dan sebutkan profil kamu selengkap yang kamu inginkan!

Jika situasi tidak memungkinkan, Anda bisa melakukannya di depan cermin.

Jangan lupa juga untuk memperkenalkan diri kamu di kolom komentar di bawah ini.

Pojok Curhat

Pojok curhat dibuat untuk menjawab pertanyaan teman-teman yang datang dari facebook, email, atau bertemu langsung denganku secara langsung.

Jawaban yang aku berikan pun tentunya berasal dari sebatas pengetahuanku mengenai bahasa Jepang, baik dipelajari melalui buku, online, ataupun pengalaman hidup.

Bahasa Jepangnya "Salam Kenal"
Yoroshiku onegai shimasu??????
Ga salah???

Bahasa Jepangnya salam kenal?

Are??? nandarou neee??

Jujur aja, aku suka bingung kalau harus menterjemahkan kata-kata dari bahasa Indonesia ke bahasa Jepang.

Karena faktanya… Tidak semua kata-kata dalam Bahasa Indonesia itu bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang, begitupun sebaliknya.

Semua terikat dengan seni dan budaya dari negeri itu sendiri.

Makanya, dalam pelajaran bahasa, selalu ada istilah, “seni, budaya, dan bahasa”.

Ketiga unsur itu memang sulit untuk dipisahkan.

Tapi, biar ga terkesan ngeles, aku coba bahas satu kata:

Yoroshiku onegai shimasu

Oke, memang di contoh di atas aku artikan sebagai “salam kenal”, tapi secara harfiah bukan itu artinya.

Bahkan jujur saja, aku sangat kesulitan untuk mengartikannya ke dalam bahasa Indonesia yang baku, karena kata ini bisa digunakan dalam berbagai macam situasi sehingga artinya pun bisa beragam.

Bisa berarti: mohon bantuannya, mohon kerjasamanya, mohon baik-baik denganku…

dan salah satunya, dalam situasi setelah memperkenalkan diri, yang aku artikan menjadi “salam kenal”.

Intinya, tidak ada kata yang pas untuk kata “salam kenal” tersebut selain kata “yoroshiku onegai shimasu” yang mana hanya bisa digunakan saat berkenalan saja.

Jika masih mau memaksakan kehendak, kesannya akan rancu. Coba lihat saja…

Salam bahasa Jepangnya “aisatsu”.
Kenal bahasa Jepangnya “shitteiru”.
Salam kenal, jadi “aisatsu shitteiru”.

Kan… jadi ngaco kan??

Ibarat ketika ada seseorang yang bilang “konbanwa (selamat malam)”, terus kamu jawab “konbanwa mo (selamat malam juga)”…. yang mana sangat terdengar ngaco. Tapi ironisnya, banyak sekali para pembelajar pemula yang menggunakan kata tersebut.

Intinya…

Kita bisa gunakan kata “yoroshiku onegai shimasu” sebagai pengganti kata “salam kenal” di akhir perkenalan diri…

Tapi ingat, arti sesungguhnya dari “yoroshiku onegai shimasu” itu bukanlah salam kenal ya… 

Karena sering digunakan dalam berbagai macam situasi dan kondisi, yang mana arti dan maknanya bisa berubah.

Lantas, kenapa ada Yoroshiku Onegai shimasu setelah perkenalan diri?

Di Jepang, kalau mau melakukan sesuatu, baik itu jangka panjang atau pendek, yang berkaitan dengan hubungan antar sesama manusia, maka dibutuhkan loyalitas dan kerja sama.

Pada dasarnya, kata Yoroshiku Onegai shimasu ini digunakan untuk mengikat janji tak tertulis tersebut.

Jadi kayak, “kita mau melakukan sesuatu nih… baik-baik ya sama aku selama menjalani aktivitas tersebut“.

Nah, dalam berkenalanpun, itu artinya kita sudah mengikat aktivitas untuk saling tahu antara satu sama lain, dimana aktivitasnya bisa endless, atau tak terhingga kapan bisa berakhir hingga maut memisahkan. hahaha

Makanya, dipakailah kata Yoroshiku Onegai shimasu ini.

Please rate this

9 thoughts on “Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang – Caranya Mudah Banget!”

  1. Halo, Assalamualaikum, saya ingin mengkopy pelajaran pelajaran di weihome gakuen ke file saya, apakah dibolehkan ?

  2. a. Hajimemashite  はじめまして
    b. Watashi wa Ikubaru desu  私はイクバルです
    c. Sumarangu kara kimashita スマラングから来ました
    d. Wika no Jyuugyouin ウィカの従業員
    e. Yoroshiku onegai shimasu  よろしくお願いします

Leave a Comment