Weihome Gakuen Saturday, 2018-02-24, 11:09 AM
Ruang Kelas | Semua Tentang Jepang | About Weihome Gakuen | Privacy Policy | Contact Us | How to Use Selamat Datang Siswa-Siswi Weihome Gakuen | RSS
Ruang Kantor
Hello Visitors

Do you have any kind of business, deal, promotions, offering, suggestions or something similar to it, please talk to the Principal by clicking the button below!
PERHATIAN

Weihome Gakuen merupakan sekolah gratis.
Tetapi "tidak gratis" secara bersamaan.
Biaya belajar di tempat kami adalah minimal Rp.1.000/hari.
Cara pembayaran:

Lihat di sekeliling anda.
Temukan orang-orang yang membutuhkan.
Berikan MINIMAL Rp.1.000/hari kepada mereka.
Menyisihkan Rp.1.000/hari tidak akan membuat anda bangkrut.

Copyright
Materi ini dilindungi oleh
Protected by Copyscape Web Copyright Protection Software

Dilarang meng-copas, menyalin, mengutip, mencetak dan memperbanyak tanpa seizin pemilik situs, dan author

NOTE: Seluruh pihak Weihome Gakuen tidak bertanggung jawab jika website Anda dihapus dari peredaran karena telah menyalin (meng-copas) sebagian atau seluruh artikel di website http://weihomegakuen.com/ untuk dipublikasikan ulang di website Anda.

MENANYAKAN HARGA - IKURA DESU KA
いくらですか

Minna-san,, genki desu ka??

Setelah lama tidak buat materi, akhirnya saya bangkit kembali dari liang kubur. Maklum, beberapa minggu ke belakang ada sedikit gangguan yang membuat Saya beku tak bergerak (ga bisa buat materi maksudnya..wkwkwk). Tapi tenang, sekolah kita ini masih tetap eksis selama masih banyak yang mengunjungi dan menganggap situs ini bermanfaat.

OK,, kita lanjutkan materi BAB 5 ini ya… setelah sedikit banyak membahas tentang kata tunjuk tempat dan partikel NO, tentunya sudah ada gambaran tentang cara bercakap-cakap dalam bahasa jepang kan? By the way,, materi sebelumnya tentang angka sudah dipelajari dengan cermat belum nih? Kalo belum mesti balik lagi dulu ke materi Belajar Angka Jepang. Karena di materi kita kali ini, kita akan membahas tentang masalah harga. Hohoho,, tentu saja, kalau harga pasti erat kaitannya sama angka.

Yosh.. kita mulai saja pelajarannya ya…

IKURA DESU KA?? (いくらですか)

Yups.. itu dia ungkapan kita pada sesi pelajaran kita kali ini… ikura desu ka? Yang berarti menanyakan sebuah harga, atau bisa juga berarti "berapa harganya?”. Liat contoh kalimat yuk…
  • Kono kaban wa ikura desu ka?
    この 鞄 は いくら です か
    Tas ini berapa harganya?

Simple kan? Iya dong,, belajar itu jangan dibikin susah,, hoho. Intinya, cara menyusun kalimatnya gitu-gitu aja, karena memang kita belum masuk ke kalimat yang bermacam-macam. Nah, kenapa akhirannya pake DESU KA? Ya iya dong, masa ya iya lah.. udel kamu juga bodong.. (Hayoh,, ngaku!! Wkwk.. just kidding). Namanya juga menanyakan sebuah pertanyaan, tentu saja menggunakan akhiran DESU KA. Pastinya udah ngerti kan? Udah tertulis jelas di materi-materi sebelumnya. Yosh, kita lanjutkan kalimatnya..

  • X : Kono kaban wa ikura desu ka?
    Y : 3500 en desu

    X : この 鞄 は いくら です か
    Y : 3500 円 です

    X : Tas ini berapa harganya?
    Y : 3500 Yen

Tuh kan, pasti jawabannya harga tas tersebut, yaitu 3500 Yen. Btw, 3500 itu bahasa jepangnya apa ya? Awas loh, anda jangan menjawab "tiga ribu lima ratus en desu”.. wah.. kacau tuh, jadi gado-gado. Hehe. Yups. Saya tidak akan menjawabnya untuk anda, wong udah di sharing kan di materi sebelumnya.

Nah, perhatikan juga kata setelah angka, itu loh, kata "En”, yang artinya Yen (mata uang jepang). Orang jepang bilangnya En, kalo loncat ke Indonesia, baru jadi Yen. Untuk simbol mata uang Yen ini adalah ¥, sedangkan untuk kanjinya adalah . Sekedar informasi saja, kurs antara JPY (Japan Yen) dan IDR (Indonesia Rupia) saat materi ini dibuat adalah Rp.103 per Yen. Atau JPY/IDR berada pada kisaran 103. Ngebahas valas sedikit, hehe. Back to topic, ini contoh nama-nama atau uang Negara dalam bahasa jepang.

  • YEN = En ()
  • Dollar = Doru (ドル)
  • Rupia = Rupia (ルピア)
LIKE AND FOLLOW

FOLLOW US
CHATTO
Stat
free counters



Copyright © WEIHOME GAKUEN
Free web hostinguCoz