Fungsi Partikel No (の) Lebih Lanjut – selain Menyatakan Kepemilikan Bahasa Jepang

Seperti yang sudah kita pelajari kemarin bahwa partikel No () berfungsi sebagai partikel untuk kalimat kepemilikan benda. Tetapi fungsinya tidak berhenti sampai di sana. Selain menunjukkan suatu kepemilikan, juga mempunyai fungsi lainnya. Dan di materi pelajaran Bahasa Jepang kita kali ini , kita akan mempelajari lebih banyak fungsi pada partikel NO ini, yang akan dibahas ke dalam 3 bagian. Jadi, Minna… persiapkan otak anda semua… kita mulai.

KB + no + KB


Pola NO ini juga bisa berfungsi sebagai penggabungan dua kata benda. Bisa jadi benda tersebut dimiliki oleh benda lainnya, misalnya :

  • Nihon no Jidousha
    日本 の 自動車
    Mobil Jepang

Perhatikan!!, Nihon artinya jepang, dan Jidousha artinya mobil. Jika kita ingin mengungkapkan sebuah kalimat bahwa mobil itu merupakan “MOBIL JEPANG”, maka anda bisa menambahkan pola NO ditengah-tengah dua kata benda tersebut, dengan catatan benda yang disebut harus dibalikkan dengan bahasa Indonesia.

Contoh kalimat lengkapnya seperti ini :

  • Ano Jidousha wa nihon no jidousha desu
    あの 自動車 は 日本 の 自動車 です
    Mobil itu adalah mobil jepang

Atau dengan kata lain, bisa juga berarti “mobilnya jepang”.

Partikel No

Nan + no + KB


Pola ini digunakan untuk menanyakan jenis benda. Misalnya, “perusahaan apa?”, “jam apa?”, “makanan apa?”, dll. Contoh kalimat tunggalnya.

  • Nan no Kaisha desu ka?
    何 の 会社 ですか
    Perusahaan apa?

Pertanyaan seperti ini tentunya membutuhkan jawaban yang menjelaskan sesuatu, atau menginginkan penjelasan dari benda yang ditanyakan.

Jika anda ingin menggunakan pola kalimat ini, harap menggunakan akhiran “DESU KA” di akhir kalimat sebagai tanda bertanya.
Contoh percakapan

  • X : Kono Eiga wa Nan no eiga desu ka
    Y : Dorama no eiga desu

    X : この 映画 は 何 の 映画 ですか
    Y : ドラマ の 映画 です

    X : Film ini film apa?
    Y : Film Drama

Coba lihat, minna-san. Antara pertanyaan dan jawaban terlihat nyambung bukan?.. Nah, jika ada orang jepang yang bertanya seperti pertanyaan diatas, berikan juga jawaban yang tepat ya…!!!

Doko + no + KB


Seperti kata dasarnya, DOKO yang artinya DIMANA, maka pertanyaan ini menanyakan tempat. Tapi jika dibuat menjadi seperti pola diatas, maka maksud dari kalimat tersebut menanyakan asal benda, bisa jadi menanyakan dimana tempat benda itu dibuat atau dibeli. Contoh :

  • X : Doko no keeki desu ka
    Y : Furansu no keeki desu

    X : どこ の ケーキ ですか
    Y : フランス の ケーキ です

    X : Kue mana?
    Y : kue Francis

Coba perhatikan jawaban yang dijawab oleh si Y, dia menjawab asal dari kue tersebut, bukan letak kue itu berada. Jadi ini sama artinya bahwa kue itu adalah kue khas Perancis, atau datang dari Perancis.

Please rate this

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *