Cara Menyambung Kata Kerja Dalam Bahasa Jepang

Halo Minna-san! Ketemu lagi dengan saya di acara belajar bahasa jepang di channel Weihome. Channel dimana minna-san dapat mengakses banyak informasi secara gratis, dan hei… saya agak sibuk pagi ini jadi agak terlambat untuk mengajar di kelas.

Banyak sekali hal yang saya lakukan, mulai dari sarapan, baca koran, minum kopi, hingga akhirnya berangkat beraktivitas di dunia 2-dimensi (internet) pada pukul 08:00 WIB.

Tapi, kesibukan ini membuat saya memiliki keinginan untuk menjelaskan “hal apa saja yang dilakukan pagi tadi” dalam bahasa Jepang. Tenang saja, ini masih belum keluar jalur dari “kata kerja bentuk ~te (te-kei)” kok. Bahkan bisa dikatakan ini lebih mudah dari materi-materi sebelumnya, kuncinya hanya mengingat dengan jelas perubahan kata kerja “~te-kei” yang sudah kita pelajari materi sebelumnya.

Coba perhatikan sekali lagi kegiatan pagi ini yang saya lakukan! Bagi yang belum mengerti tentang penggabungan beberapa kalimat menjadi satu, mungkin akan menterjemahkan bahasa jepangnya seperti ini:

Pagi ini saya sarapan, setelah itu baca koran. Setelah baca koran saya minum kopi. Kemudian berangkat ke dunia 2-dimensi pada pukul 08:00 WIB.

Pasti seperti itu kira-kira. Halaah… kelamaan! Lebih praktis seperti ini:

Pagi ini saya sarapan, baca koran, minum kopi, lalu berangkat ke dunia 2-dimensi pada pukul 08:00 WIB

Kira-kira, lebih praktis yang mana hayoo? Tentu saja yang nomor dua! Jadi, mari kita pelajari cara menyambung kata kerja tersebut menjadi satu kalimat. Ini jadi mengingatkan saya ketika nonton power ranger yang bisa menyatukan kendaraan mereka menjadi sebuah robot untuk melawan para monster! Hahaha!

Menyambung Kata Kerja Dengan ~te-kei


Seperti yang saya katakan sebelumnya, ini sangat mudah untuk dilakukan. Polanya adalah:

KK ~te + KK ~te + KK ~te + KK.

Lihat pola diatas, kita hanya tinggal menyusun beberapa kata kerja yang dibutuhkan dalam bentuk ~te, dan diakhiri dengan kata kerja bentuk biasa atau bentuk ~masu. Ini mungkin akan sedikit membingungkan jika tanpa contoh, jadi coba lihat contoh di bawah ini:

  • 今朝ご飯を食べて、新聞を読んで、コーヒーを飲んで、そして8時に2時限界へ行きました。
    Kesa gohan wo tabete, shinbun wo yonde, koohii wo nonde, soshite 8-ji ni 2-jigenkai he ikimashita.
    Pagi ini saya sarapan, membaca koran, minum kopi, kemudian pergi ke dunia 2-dimensi pada pukul 08:00 WIB

Lihat itu susunannya, begitu indah bukan? Tanpa harus susah-susah menceritakan banyak hal dalam beberapa kalimat. Dan lagi saya katakan sekali lagi bahwa untuk bisa menguasai materi ini, maka harus bisa menguasai materi kata kerja bentuk ~te (te-kei). Ini sudah saklek, tidak dapat dibantahkan lagi.

Nah, untuk kata kerja yang paling akhir, minna-san harus bisa menyesuaikan dengan keadaan waktu. Untuk waktu sekarang gunakan kata kerja bentuk biasa atau bentuk ~masu.

Seperti kalimat di bawah ini:

  • 朝ジョギングをして、シャワーを浴びて、会社へ行きます。
    Asa jogingu wo shite, shawaa wo abite, kaisha he ikimasu.
    Pagi hari saya jogging, mandi, kemudian pergi ke kantor.

Dan beberapa contoh kalimat lainnya yang bisa kita jadikan sebagai kaiwa

  • X: 昨日、何をしたの?
    Y: ・・・図書館へ行って、本を借りて、それから友達に会った。
    X: Kinou, nani wo shita no?
    Y: … toshokan he itte, hon wo karite, sorekara tomodachi ni atta.
    X: Kemarin kamu ngapain?
    Y: … Pergi ke perpustakaan, minjem buku, abis itu ketemuan ama temen.

Sebenarnya ini sih pelajaran yang sangat simple, jadi tidak ada penjelasan rumit lainnya yang harus dibahas. Tapi jangan lupa untuk mengerjakan tugas-tugasnya ya!!

Please rate this

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *