Weihome Gakuen Saturday, 2018-02-24, 11:15 AM
Ruang Kelas | Semua Tentang Jepang | About Weihome Gakuen | Privacy Policy | Contact Us | How to Use Selamat Datang Siswa-Siswi Weihome Gakuen | RSS
Ruang Kantor
Hello Visitors

Do you have any kind of business, deal, promotions, offering, suggestions or something similar to it, please talk to the Principal by clicking the button below!
PERHATIAN

Weihome Gakuen merupakan sekolah gratis.
Tetapi "tidak gratis" secara bersamaan.
Biaya belajar di tempat kami adalah minimal Rp.1.000/hari.
Cara pembayaran:

Lihat di sekeliling anda.
Temukan orang-orang yang membutuhkan.
Berikan MINIMAL Rp.1.000/hari kepada mereka.
Menyisihkan Rp.1.000/hari tidak akan membuat anda bangkrut.

Copyright
Materi ini dilindungi oleh
Protected by Copyscape Web Copyright Protection Software

Dilarang meng-copas, menyalin, mengutip, mencetak dan memperbanyak tanpa seizin pemilik situs, dan author

NOTE: Seluruh pihak Weihome Gakuen tidak bertanggung jawab jika website Anda dihapus dari peredaran karena telah menyalin (meng-copas) sebagian atau seluruh artikel di website http://weihomegakuen.com/ untuk dipublikasikan ulang di website Anda.

Main » 2012 » December » 19 » Sekolah di Jepang
0:17 AM
Sekolah di Jepang

SISTEM SEKOLAH JEPANG

Sistem pendidikan Jepang dibuka kembali pasca berakhirnya perang dunia ke-2. Sistem yang dulu yang menerapkan 6-5-3-3 juga dirubah menjadi sistem 6-3-3-4, yaitu (6 tahun di SD, 3 tahun di SMP, 3 tahun di SMA, dan 4 tahun di Universitas) yang mengacu pada sistem pendidikan di Amerika. Wajib belajarnya (Gimukyoiku) sendiri memiliki rentang waktu 9 tahun, yaitu 6 tahun di SD (Shougakkou) dan 3 tahun di SMP (Chuugakkou).

Jepang adalah salah satu populasi pelajar terbaik di dunia, dengan 100% pendaftar di kelas wajib (SD-SMP) dan memiliki 0% warga yang buta huruf. Sedangkan di SMA (Koukou) meskipun tidak diwajibkan, pendaftar yang masuk lebih dari 96% skala nasional dan hampir 100% di kota-kota. Murid di SMA yang drop-out hanya sekitar 2% saja. Dan sekitar 46% siswanya yang lulus dari SMA melanjutkan ke universitas.

Menteri pendidikan di Jepang mengawasi kurikulum secara ketat, buku teks, kelas-kelas dan tingkat pendidikan di seluruh negara Jepang. Akibatnya, membawa pendidikan Jepang ke tingkat diatas rata-rata.


KEHIDUPAN PARA MURID JEPANG

Sekolah di Jepang
Tahun ajaran baru di Jepang dimulai di bulan April. Tahun fiskal juga di Jepang dimulai pada bulan April dan berakhir di bulan Maret tahun berikutnya, membuatnya menjadi lebih nyaman dari berbagai aspek.

Bulan April adalah puncak dari musim semi dimana bunga sakura bermekaran (Sakura = bunga yang paling dicintai oleh orang Jepang) dan merupakan waktu yang paling tepat untuk melakukan suatu yang baru di Jepang. Namun, perbedaan sistem sekolah ini menyebabkan masalah bagi siswa yang berkeinginan untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri (misalnya Indonesia yang pada umumnya tahun ajaran baru dimulai bulan Juli). Hampir setengah tahun terbuang karena harus menunggu dari bulan Maret untuk masuk tahun ajaran baru di bulan Juli. Begitupun sebaliknya, ketika mereka kembali ke Jepang, mereka harus menunggu lebih dari setengah tahun dari bulan Juni (Indonesia) untuk masuk tahun ajaran baru di bulan April (Jepang).

Rata-rata siswa Jepang menghabiskan waktunya selama 6 jam sehari di sekolah. Dan selepas sekolah mereka punya kegiatan lain seperti ekstrakulikuler dan PR untuk membuat mereka tetap sibuk. Mereka memiliki hari libur selama 6 minggu di musim panas dan masing-masing 2 minggu untuk musim dnigin dan musim semi. Namun, seringkali di hari libur yang panjangpun mereka diberikan PR yang seabrek yang menanti mereka untuk dikerjakan.

Nah, adakah dari sobat Weihome Gakuen yang berkeinginan untuk sekolah ke Jepang?
Views: 14517 | Added by: Wei | Rating: 2.6/78
Total comments: 581 2 3 4 5 6 »
58  
materinya bagus kaaa..
aku mau printout buat beajar.
tapi ngga bisa, gimana dong? :(

57  
kaaaaa... aku mau copypaste materi nya buat aku print sendiri. soalnya materi nya lengkap dan mudah dipahami. tapi ngga bisa :( huhu sedih. harus gimana dong?

56  
Saya ingin info beasiswa jepang

55  
Wih, keren pendidikan mereka.. Takjub saya :D ...
Saya sih gak ingin sekolah disana,, gak terlalu tertarik dengan sekolah d Jepang, hanya tertarik sama bahasanya saja :) tapi saya berharap bisa mengunjungi sekolah diJepang untuk tour :D

54  
Saya pengen bisa sekolah dijepang dapat beasiswa gitu...

53  
Aku ingin belajar kejepang...

52  
Pengan banget bisa kerja disana. Karna sekarang sudah kuliah, dan tetap semangat buat belajar bahasa jepangnya.

51  
^_^

50  
Mampus gua sma kelas 11 semester 2 gua pindah kesana njir pasti banyak prnya

49  
Sumimasen, aku tertarik banget pengen ke jepang,
aku sekarng masuk smk farmasi,
kira-kira nanti kalau aku ambil kuliah farmasi, bisa ngga yah ada pertukaran pelajar indo-jepang buat farmasi?
ngebet banget ^_^
makanya pengen tambah rajin lagi belajar bahasa jepangnya :D

1-10 11-20 21-30 31-40 41-50 51-57
Name *:
Email *:
Code *:
LIKE AND FOLLOW

FOLLOW US
CHATTO
Stat
free counters



Copyright © WEIHOME GAKUEN