Belajar Huruf Katakana Jepang (片仮名)

Huruf Katakana (片仮名) adalah huruf yang digunakan untuk menuliskan kata-kata serapan atau kata asing bagi bahasa Jepang. Selain itu, Huruf atau tulisan Jepang Katakana juga bisa berfungsi untuk menuliskan nama orang. Kata-kata asli yang berasal dari bahasa Jepang tidak bisa ditulis menggunakan huruf katakana kecuali dalam telegram. Huruf Katakana memiliki huruf standar seperti pada huruf Hiragana.

Berikut adalah daftar huruf atau tulisan Katakana lengkap. Tabel huruf Katakana akan saya bagi ke dalam 3 bagian, yaitu standar, Dakuon dan Yoon. Seperti huruf Hiragana, abjad Katakana ini memiliki persamaan dari segi jenis. Yang berbeda hanya tulisannya saja, jadi jangan bingung lagi, ya! Ini dia kumpulan huruf Katakana untuk anda hafalkan. Hohoho…

Huruf Katakana

Contoh huruf atau tulisan Katakana :

KAMERA (カメラ) = Kamera
TESUTO (テスト) = Test
ARUBAITO (アルバイト) = Kerja Paruh Waktu

Huruf Katakana Dakuon

Sama dengan huruf hiragana Dakuon, Katakana Dakuon berasal dari huruf standar yang dimodifikasi dengan tambahan tanda titik dua di kanan atas (disebut tenten) atau bulatan kecil (disebut maru)

Katakana Dakuon

Katakana Yoon

Bunyi Katakana Yoon sama dengan Hiragana Yoon, yaitu berasal dari beberapa huruf standar yang diikuti atau digabung dengan huruf Hiragana YA (), YU (), YO (). Ketiga huruf tersebut harus ditulis lebih kecil daripada huruf standarnya.

Katakana Yoon

Selain itu, perbedaan hiragana yoon dengan katakana yoon adalah, katakana yoon memiliki varian huruf yoon yang lainnya, bisa menggunakan huruf vokal seperti huruf katakana A (), I (), U (), E () dan O ()

Jadi kesimpulannya, Katakana adalah huruf yang digunakan untuk serapan kata-kata asing, dan merupakan tulisan Jepang untuk nama. Oke… Gambar diatas bukan untuk dipandang ya! Tetapi untuk dihafalkan. Jika Anda sudah hafal, kita langsung menginjak ke Cara Penulisan Katakana. Sampai Ketemu di kelas berikutnya.

Please rate this

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *