Belajar Huruf Katakana Jepang (片仮名) 5/5 (5)

Huruf Katakana (片仮名) adalah huruf yang digunakan untuk menuliskan kata-kata serapan atau kata asing bagi bahasa Jepang. 

Selain itu, Huruf atau tulisan Jepang Katakana juga bisa berfungsi untuk menuliskan nama orang.

Kata-kata asli yang berasal dari bahasa Jepang tidak bisa ditulis menggunakan katakana kecuali dalam telegram. Katakana memiliki huruf standar seperti pada huruf Hiragana.

Huruf Katakana (片仮名) adalah huruf yang digunakan untuk menuliskan kata-kata serapan atau kata asing bagi bahasa Jepang. Selain itu, Huruf atau tulisan Jepang Katakana juga bisa berfungsi untuk menuliskan nama orang. Kata-kata asli yang berasal dari bahasa Jepang tidak bisa ditulis menggunakan katakana kecuali dalam telegram. Katakana memiliki huruf standar seperti pada huruf Hiragana
Belajar Huruf Katakana Jepang

Berikut adalah daftar huruf atau tulisan Katakana lengkap

Tabel Katakana akan saya bagi ke dalam 3 bagian, yaitu standar, Dakuon dan Yoon.

Seperti Hiragana, abjad Katakana ini memiliki persamaan dari segi jenis. Yang berbeda hanya tulisannya saja.

Jadi jangan bingung lagi, ya!

Ini dia kumpulan huruf Katakana untuk anda hafalkan. Hohoho…

Tabel Daftar Huruf Jepang Katakana Standar

Huruf Katakana

Contoh huruf atau tulisan Katakana :

KAMERA (カメラ) = Kamera
TESUTO (テスト) = Test
ARUBAITO (アルバイト) = Kerja Paruh Waktu

Katakana Dakuon

Sama dengan Hiragana Dakuon, Katakana Dakuon berasal dari huruf standar yang dimodifikasi dengan tambahan tanda titik dua di kanan atas (disebut tenten) atau bulatan kecil (disebut maru) Katakana Dakuon

Katakana Yoon

Bunyi Katakana Yoon sama dengan Hiragana Yoon, yaitu berasal dari beberapa huruf standar yang diikuti atau digabung dengan huruf Hiragana YA (), YU (), YO ().

Ketiga huruf tersebut harus ditulis lebih kecil daripada huruf standarnya.

Katakana Yoon

Selain itu, perbedaan hiragana yoon dengan katakana yoon adalah, katakana yoon memiliki varian huruf yoon yang lainnya, bisa menggunakan huruf vokal seperti katakana A (), I (), U (), E () dan O ()

Jadi kesimpulannya: 
Katakana adalah huruf yang digunakan untuk serapan kata-kata asing,
dan merupakan tulisan Jepang untuk nama.

Oke… Gambar diatas bukan untuk dipandang ya! Tetapi untuk dihafalkan. Jika Anda sudah hafal, kita langsung menginjak ke cara menulis huruf Katakana.

Hiragana VS Katakana

Meskipun kita sudah sampai di tahapan ini, tetapi sayangnya masih banyak dari kamu yang masih bingung mengenai perbedaan dari kedua huruf tersebut.

Kenapa di Jepang punya dua jenis huruf yang berbeda? Dan bagaimana peranan serta fungsi dari keduanya?

Biar kamu ga bingung-bingung lagi – ga muter-muter lagi pelajaran kita di sini – maka aku coba jelaskan secara lebih detail deh mengenai hiragana dan katakana.

Pertama, mari kita bahas mengenai

Perbedaan Katakana dan Hiragana

Tentu saja, dari segi bentuknya saja sudah berbeda! Jika A hiragana adalah seperti ini あ, maka A katakana adalah seperti ini ア.

Dari segi bentuknya, cara penulisannya pun memiliki tekhnik yang berbeda pula.

Jika cara penulisan Hiragana lebih cenderung memiliki goresan yang melengkung dan halus, lain lagi dengan Katakana yang memiliki goresan lurus (meskipun masih ada beberapa bagian yang memerlukan tekhnik kurva).

Karena goresannya yang melengkung dan halus tersebutlah, pada zaman dahulu huruf Hiragana hanya digunakan oleh kaum wanita saja. -sumber: Wikipedia

Fungsi Katakana dan Hiragana

Selain itu, baik Katakana maupun Hiragana tentunya memiliki fungsi yang berbeda.

Pertama, huruf Hiragana seringkali digunakan untuk menulis kosakata yang berasal dari bahasa Jepang asli. Sementara Katakana digunakan untuk penulisan serapan dari bahasa asing.

Maka dari itu, jika kamu main ke Jepang, pasti bisa melihat begitu banyak tulisan asing yang ditulis dengan menggunakan Katakana.

Contohnya, マックドナルド (McDonald), セブンイレブン (Seven Eleven), ファミリーマート (Family Mart), ウェルシア (Welcia), dan lain sebagainya.

Fungsi selanjutnya, huruf Hiragana juga seringkali digunakan sebagai furigana… Itu loh! Huruf kecil yang suka menclok di atas huruf Kanji, dimana berfungsi sebagai cara baca kanji itu sendiri.

Hal ini karena selain kita orang asing, banyak pula orang Jepang yang tidak bisa membaca kanji. Maka dari itu, Furigana itu diperlukan.

Sementara Katakana, seringkali digunakan untuk penulisan onomatopoeia, yaitu suara-suara yang berasal dari alam atau keadaan sekitar. Seperti contohnya suara orang tidur zzzz, suara ketawa wkwkwk, suara kucing meong, semuanya disebut sebagai onomatopoeia yang ditulis dengan menggunakan Katakana.

Well, sebenarnya masih banyak fungsi dari kedua tulisan Jepang ini. Tapi aku ga mau menjelaskannya terlalu panjang lebar, nanti malah out of topic.

Sampai Ketemu di kelas berikutnya.

Please rate this

2 thoughts on “Belajar Huruf Katakana Jepang (片仮名)”

  1. Saya Diah ayu kelas 3 Smk. Mau bertanya,
    Apakah di dalam huruf katakan terdapat huruf tambahan?
    saya melihat dari sumber lain bahwa terdapat huruf tambahan seperti ” she, che, je, fa, fi,” dll
    tolong dijelaskan.

Leave a Comment