Ingin Tahu
Cara Belajar Bahasa Jepang
Secara Online, Gratis dan Otodidak?

Melalui website ini, Weihome Gakuen akan membantu kamu untuk melakukannya dengan cara mudah.

Bagian terbaiknya?

Kamu bisa belajar partikel, pola kalimat, kosakata, kanji, dan berbagai macam hal yang berhubungan dengan Jepang.

Dan semuanya bisa dilakukan dengan mudah secara online dan Gratis! 

Selain itu, kami pun memberikan sumber lainnya jika misalnya teman-teman merasa materi yang kami sajikan dirasa belum lengkap!!

Dan, tanpa perlu berbasa-basi lagi, mari kita mulai!

weihome_gakuen

Hajimemashite!

Aku Erdy Wei, pendiri sekaligus pemilik Weihome Gakuen.

Sebelum masuk ke pelajaran, izinkan aku untuk curhat sebentar.

Aku memulai sekolah online ini semenjak tahun 2011 dengan tujuan untuk membantu teman-teman yang ingin belajar bahasa Jepang agar bisa mendapatkan sumber yang lebih mudah.

Tidak peduli latar belakang, ataupun tujuan kamu untuk belajar bahasa Jepang, kamu bisa mengaksesnya secara gratis di tempat kami.

 

Sebuah tempat belajar Bahasa Jepang yang bisa diakses dimanapun kamu berada…

Selama terdapat komputer, laptop, atau gadget yang tersambung dengan internet.

Cukup kunjungi website WeihomeGakuen.com saja!

Ups, basa basinya jadi kepanjangan…

Sudah ah… Tapi buat kamu yang masih penasaran apa dan siapa itu Weihome Gakuen, silahkan baca cerita lengkapnya disini ya!!

Tapi sebelum kita masuk ke pelajaran inti…

Aku ingin teman-teman semua membaca dulu aturan belajar bahasa Jepang di Weihome Gakuen.

Alasannya?

Agar teman-teman bisa belajar bahasa Jepang lebih cepat dari orang normal!

Ga percaya? Coba aja…

Yuk baca tips dan triknya cara belajar bahasa Jepang lebih cepat.

kalau sudah siap... Ayo kita mulai!!

BAB 1

PERKENALAN DAN POLA KALIMAT DASAR

Di bab pertama ini, kamu akan belajar mengenai cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang.

Dan juga, akan sedikit mempelajari pola kalimat dasar, serta partikel utama yang paling inti.

Kenapa harus ini?

Berdasarkan pengalamanku, belajar di tempat manapun pasti akan membahas perkenalan diri terlebih dahulu.

Bahkan untuk pelatihan pemagangan seperti LPK-LPK SO, para calon jisshuusei akan habis-habisan dilatih cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang sebelum mensetsu (wawancara kerja).

Perkenalan diri - partikel wa - partikel mo

(Weihome Gakuen)

Materi 1
Yah.. karena kita baru bertemu, hendaknya kita saling berkenalan terlebih dahulu. Karena tak kenal berarti tak sayang. Hallah…
Cekidot… 
Memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang

Materi 2
Sulit memahami diri sendiri? Sulit menjelaskan diri sendiri ke orang lain?
Ah, jangan lagi deh kayak gitu! Makanya, belajar penggunaan partikel wa dong! 

Materi 3
Suka ikut-ikutan trending topik?
Atau ngikutin teman yang lagi ngelakuin sesuatu?
Jangan bilang stalker sejati kalau belum belajar fungsi partikel mo.

Sumber Lain

Memperkenalkan diri dalam Bahasa Jepang
japanesemusicid.com menjelaskan pola kalimat secara padat dan singkat. Dia menyebut nama Budi sebagai contoh kalimatnya. Tapi sayang, si Ani tidak ikut serta. hehe…
Cek disini.

Partikel wa
kursus-jepang-evergreen.com membagi fungsi dari partikel wa ke dalam tiga bagian!
Sangat menarik karena jarang orang yang mau menjelaskannya secara terperinci seperti ini. Cek disini.

Partikel mo
wkwkjapan.com memberikan penjelasan dengan menggunakan gambar lucu! Ada juga pola dan struktur kalimat yang disajikan secara rapi. Cek disini.

 

BAB 2

HURUF HIRAGANA DAN AISATSU

Jangan anggap remeh bab ini!

Huruf Hiragana merupakan salah satu pondasi utama dalam belajar bahasa Jepang, bahkan lebih penting dari Kanji!

(tapi bukan berarti kanji harus ditinggalkan ya!)

Tanpa belajar huruf Hiragana, teman-teman akan kesulitan dalam belajar bahasa Jepang. Bahkan tidak bisa dipisahkan sama sekali!

Selain itu, bab ini juga akan membahas tentang cara mengucapkan salam dalam bahasa Jepang.

Hiragana - Aisatsu

(Weihome Gakuen)

Materi 4
Kita flashback dulu ke zaman waktu kita masih kecil!
Belajar membaca dan menulis!
Sering kali kita ingin kembali ke zaman kanak-kanak… Nah, aku bisa coba bantu wujudin mimpi kamu dengan kembali belajar menulis dan membaca huruf hiragana.

Materi 5
Kalau sudah tahu jenis huruf-huruf dari Hiragana, saatnya kita belajar aturannya.
Tentu saja, jika di Indonesia ada EYD, bahasa Jepang pun ga bisa asal nulis seenak jari. Yuk, belajar cara dan aturan menulis huruf hiragana.

Materi 6
Ingin belajar bahasa Jepang, tapi cuman tahu arigato sama haik-haik doang? Ah… ga greget!
Materi ini bisa bikin kamu tahu salam hangat dengan menggunakan bahasa Jepang, bikin kamu seperti kayak nihonjin!
Cekidot… Ucapan Salam Dalam Bahasa Jepang.

 

Sumber Lain

Huruf Hiragana
Sensei Notes menjelaskan huruf hiragana ke dalam 5 step! Bisa sangat membantu kamu dalam mempelajarinya secara perlahan.
Selain itu, daftar huruf hiragana yang disajikannnya juga sangat rapi dan terstruktur.
Yuk, dilihat di sini.

Cara Menulis Huruf Hiragana
Jika Weihome Gakuen menjelaskan tentang aturan hatsu-on, berbeda dengan wkwkJapan yang secara gamblang memberikan cara penulisan dan coretan, atau istilahnya “Kakijun”!
Dengan begini, teman-teman bisa menjadi ahli deh!
Cek di sini.

Ucapan Salam
Tromoro memberikan daftar aisatsu secara terperinci.
Bahkan perkenalan diri pun kembali dibahas di sini!
Yuk, dilihat di sini.

BAB 3

HURUF KATAKANA DAN SEJARAH KANJI

Sama halnya seperti huruf Hiragana, huruf Katakana juga ga kalah penting untuk dipelajari.

Karena selain coretan dan bentuknya berbeda, juga memiliki fungsi yang berbeda pula.

Bahkan, jika teman-teman main ke Jepang, pasti sering kali melihat tulisan-tulisan Katakana di berbagai tempat.

Masih mau ngeyel buat nge-skip bab ini?

Jangan deh!

Yuk belajar!

Katakana - Kanji

(Weihome Gakuen)

Materi 7
huh… lagi-lagi ngehafal huruf“, gumam kalian.
Haha… sabar… sabar…
Huruf katakana ini merupakan huruf kedua setelah hiragana.
Karena begitu penting, maka mau tidak mau harus dipelajari.
Bahkan, nama orang asing seperti nama orang Indonesia pun menggunakan huruf ini. Jadi, ayo belajar huruf Katakana.

Materi 8
Sama halnya seperti huruf hiragana, huruf katakana juga memiliki aturan dalam cara penulisan.
Tapi buat kamu yang sudah mengerti dan membaca aturan hiragana, maka materi ini akan sangat mudah!
Seperti “cetak!!“, menjentikkan jari kelingking.
Yuk, mulai lihat cara dan aturan menulis huruf katakana.

Materi 9
Salah satu yang bikin para pembelajar bahasa Jepang merasa kesulitan adalah huruf kanji. Bisa dibilang sangat angker, bahkan lebih menakutkan daripada horror dan yaoi (yaoi buat saya angker ya….!)
Tapi tenang, di materi ini kita belum mempelajarinya, hanya saja kita berbicara mengenai sejarah huruf kanji sebagai refreshing semata.

Sumber Lain

Huruf Katakana
BahasaJepang.web.id daftar huruf katakana secara lengkap.
Dimulai dari huruf standar, tenten, maru, dan yoon…
Hingga terdapat pula huruf katakana tambahan.
Sangat bagus bagi kamu yang ingin belajar secara lebih lengkap mengenai huruf katakana.
Yuk… cek di sini

Cara Menulis Huruf Katakana
Masih di BahasaJepang.web.id, kali ini website keren ini memberikan cara menulis huruf katakana.
Di tempat tersebut kamu bisa belajar kakijun, atau coretan dasar untuk menulis katakana.
Pokoknya keren!
Yuk dicek di sini.

Tentang Huruf Kanji
Jika Weihome Gakuen hanya memberikan sekilas tentang sejarah huruf kanji, lain lagi dengan perpustakaan dunia Wikipedia yang secara gamblang menuliskan menjelaskan huruf Kanji secara lengkap.
Dimulai dari sejarah hingga hubungannya dengan negara Jepang, bisa kamu cari tahu sendiri.
Let’s go dicek di sini.

 

BAB 4

KATA TUNJUK BENDA DAN PARTIKEL NO

Nani sore?

Untuk para penikmat anime akut, kata di atas sudah menjadi kotoba sehari-hari untuk didengarkan. 

Di bab ini, kita akan membahas tentang kata tunjuk benda, atau menjadi pengganti dari kata tunjuk itu sendiri.

Selain itu, terdapat pula salah satu partikel terpenting yang harus dipelajari, yaitu partikel no.

Tanpa partikel ini, kamu ga akan bisa mempertahankan hak-hak mu… cielah

Intinya, partikel no dapat digunakan sebagai ungkapan kepunyaan… 

Kata Tunjuk Benda - Partikel no

(Weihome Gakuen)

Materi 10
Jauh di angkasa sana, terdapat jutaan bintang-bintang yang berkilauan. Tunjuk satu dan berikan padaku!
Begitulah yang dikatakan para punjangga.
Tapi, jangan dulu bikin kata-kata puitis tentang menunjuk bintang terang sebelum belajar tentang kata tunjuk benda seperti kore, sore, dan are. Biar ga rancu!

Materi 11
Seringkali kita dihadapkan pada dua pilihan yang sulit.
Di saat itulah kita menjadi dilema dan galau.
Seringkali kita pun akhirnya meminta saran teman mulai dari dia yang lugu sampai dia yang sok bijak.
Kata yang terlontar biasanya, “yang mana?”. Maka dari itu, ayo belajar penggunaan kata dore desu ka?.

Materi 12
Ketika si dia sudah menjadi milikmu, tiba-tiba seseorang nikung dan mengambilnya darimu.
Ga banget dah!
Ayo rebut lagi dengan bikin pernyataan bahwa dia adalah milikmu seorang dengan cara belajar fungsi partikel no.

Materi 13
Menunjuk sesuatu terkadang bisa sangat sulit untuk dilakukan, terlebih jika kamu tidak tahu bagaimana cara mengatakannya.
Jadi, biar bisa menghalau masalah tersebut, ayo kita belajar kata tunjuk benda kono, sono, dan ano.

Sumber Lain

Kore, Sore, Are
SukaJepang.com menyingkat materi ini dengan istilah KoSoADo.
Cukup menarik karena menjadi lebih gampang untuk diingat, bahkan hingga kata pengganti lainnya yang kami sajikan di bab depan.
Selain itu, website ini juga memberikan 2 materi secara sekaligus, yaitu dengan koko, soko, dan asoko.
Lihat langsung yuk di sini.

Penggunaan Dore Desu ka?
NipponClub.net juga memasukkan semua materi KoSoADo ke dalam satu tempat, sehingga bisa membantu mina-san mengetahui materi Weihome Gakuen di depan.
Tapi intinya, penggunaan kata dore di website tersebut disajikan dengan contoh kalimat yang lengkap.
Jadi, bisa sobat pelajari dengan mudah di sini.

Partikel no
BelajarBahasaJepang.org menjelaskan partikel no dengan bahasa yang berbeda. Bisa dibaca buat kamu yang kurang mengerti penjelasan dari Weihome Gakuen.
Selain itu, terdapat pula contoh kalimat hingga keterangan di bawah artikelnya. Patut dilihat di sini.

Kono, Sono, Ano
IndoJapanese.com juga menjelaskan tentang KoSoADo secara lebih gamblang. Bahkan tidak hanya kono sono dan ano saja, mina-san bisa belajar tentang singkatan tersebut ternyata masih berlaku hingga pengganti kata tunjuk lainnya. Pelajari di sini.

 

BAB 5

KATA TUNJUK TEMPAT DAN ANGKA

Setelah bergelut dengan kata tunjuk benda, saatnya beralih ke pengganti kata tunjuk tempat.

Kocchi, kocchi…

Sering sekali aku mendengar kata tersebut dilontarkan oleh orang Jepang.

Setelah pelajaran ini, teman-teman bisa tahu maksud dari kata itu, loh!

Selain itu, teman juga akan kembali ke taman kanak-kanak, yaitu belajar berhitung. hihihi…

Good luck!

Kata Tunjuk Tempat - Angka

(Weihome Gakuen)

Materi 14
Tempat yang indah untuk dikunjungi.
Beberapa dari kamu mungkin punya keinginan untuk pergi ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, atau bahkan belum pernah dijamah oleh spesies manusia.
Sebelum melakukan ekspedisi besar-besaran, ayo belajar kata tunjuk tempat koko, soko, dan asoko.

Materi 15
Kocchi kocchi, atau acchi ike! merupakan dua dari banyaknya kata yang sering kita dengar di internet. 
Memang terdengar kawaii, tapi kalau cuman ikut-ikutan doang tanpa tahu artinya ga greget. Jadi ayo cari tahu di materi kata tunjuk tempat kochira, sochira, dan achira.

Materi 16
Memiliki dan dimiliki memang salah satu hal yang sangat romantis.
Tapi tahukah kamu kalau partikel no tidak hanya sebatas kepemilikan?
Terdapat pula fungsi lain yang lebih beragam.
Sebelum semua terlambat, ayo kita lihat fungsi partikel no lebih lanjut.

Sumber Lain

Koko, Soko, Asoko
N5BJepang.blogspot.com juga menjelaskan tentang kata tunjuk tempat secara gamblang.
Bahkan di blog ini kamu akan mempelajari kata tunjuk tersebut satu demi satu, beserta contoh kalimatnya.
Dan juga terdapat kata tanya doko…
Yuk, dilihat di sini.

Kochira, Sochira, Achira
Wagomu.co.id, sebuah platform bloggingan yang menyatukan antara Indonesia dan Jepang juga menjelaskan tentang kata tunjuk tempat ini secara lebih lengkap dan gamblang.
Di sana kamu bisa belajar KoSoADo dimulai dari kata tunjuk benda hingga tempat. Ingin tahu? Yuk belajar di sini.

Fungsi Partikel no Lebih Lanjut
Debbie Chandra Kasih melalui blog wordpress-nya menjelaskan fungsi partikel no lebih dari satu!
Yups, tidak hanya sebagai kepelimikan benda, juga terdapat fungsi yang bisa kamu gunakan dan cenderung digunakan dalam percakapan sehari-hari.
Cek sendiri deh di sini.

BAB 6

WAKTU DAN JAM

Di bab ini, teman akan memanfaatkan hafalan hitungan yang telah dipelajari di bab sebelumnya.

Untuk menyatakan waktu dan jam, tentunya teman-teman harus sudah bisa menguasai angka-angka dalam bahasa Jepang.

Chikoku da! chikoku da!

Jangan sampai teman-teman mengatakan kata terlarang tersebut di Jepang… Maka dari itu harus belajar angka, waktu dan jam ya!

Materi tambahannya berupa menyatakan “dari kapan sampai kapan”.

Dan juga cara menyatakan waktu lampau, atau past tense kalau kata bahasa Inggris-nya mah.

Waktu

(Weihome Gakuen)

Materi 17
Waktu adalah uang…” begitulah yang selalu dikatakan orang bijak.
Tapi kenapa ya masih banyak orang yang selalu ngaret?
Bahkan di suatu tempat nan jauh di sana, ngaret itu sudah menjadi suatu hal biasa.
Tapi bukan di kita ya… hehe… 
Biar ga kejadian, yuk kita belajar menyatakan waktu, jam dan menit.

Materi 18
Bahkan saking sudah terbiasanya, terdapat sebuah istilah yang disebut dengan jam karet.
Seharusnya jangan dibikin istilah ya… biar hal tersebut ga menjadi lumrah.
Whatever, yang penting kita belajar dulu menyatakan nanji ni (pada jam berapa) dalam bahasa Jepang.

Materi 19
Target itu penting.
Katakanlah seorang mahasiswa yang ga bisa mentargetkan kapan mau menyelesaikan skripsinya, atau eksekutif muda yang ga tau kapan projeknya bakal kelar. Alhasil, ga kelar-kelar.
Berlaku juga buat mereka yang pacaran tapi ga punya target nikah, ya… ga nikah…
Target itu penting, mesti belajar itsu kara itsu made (dari kapan sampai kapan!).

Materi 20
Tapi waktu juga tidak selalu tentang masa kini yang tengah dijalanin, atau rencana di masa depan, tetapi masih ada masa lalu indah yang bisa dikenang, atau masa suram yang dijadikan pelajaran.
Kilas balik dulu yuk, sambil belajar menyatakan waktu lampau.

Sumber Lain

Jam dan Menit
PustakaGadoGado.com menyediakan tabel jam dan menit dalam bahasa Jepang.
Terdapat pula contoh kalimat tentang cara bertanya jam pada orang lain.
Selain itu, terdapat kaiwa yang bisa kamu pelajari lebih lanjut.
Materinya ada di sini.

Nanji ni
Lingohut.com tidak hanya menyuguhkan kosakata saja, tetapi juga terdapat video yang menjelaskan tentang pertanyaan standar namun penting seperti “jam berapa sekarang?”.
Untuk kosakatanya sendiri, kamu masih bisa melihat arti dalam bahasa Indonesia, lengkap dengan kanji yang disertakan di sana.
Jadi, ayo pelajari di sini.

Kara Made
Jika Weihome Gakuen memberikan kara made secara langsung dan disatukan dengan penggunaan waktu, lain lagi dengan BahasaJepangBersama.com yang menjelaskan satu per satu, dari kara, made, hingga hou ga dan yori. 
Mungkin bisa menjadi materi dasar kamu yang ingin belajar tentang itsu kara itsu made di website ini.
Kamu bisa mempelajarinya di link yang tersedia…
Di sini.

Perubahan Bentuk Kata (Lampau)
Alih-alih menjelaskan satu bentuk kata, japanesia.id malah menyajikan perubahan bentuk kata secara lengkap. Tentu, salah satunya adalah perubahan kata ke bentuk lampau.
Materi yang disajikanpun sangat menarik…
Bisa dilihat di sini.

 

BAB 7

DOKO? NANDE? DARE?

Di bab ini, kita akan mulai mempelajari pertanyaan-pertanyaan dasar penting.

Sebelum masuk ke pertanyaan yang lebih kompleks.

Pertanyaan seperti kemana, kenapa, dan siapa memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari tentunya.

Terutama jika berbicara dengan seseorang yang dekat dengan kita, secara sadar maupun tanpa disadari.

Doko? Nande? Dare?

Semoga trio pertanyaan tersebut bisa menjadi dasar buat kamu menyusun kalimat pertanyaan nantinya.

Kemana? Dengan Apa? Siapa?

(Weihome Gakuen)

Materi 21
Kemana pun kamu pergi, ingatlah akan selalu ada satu tempat untuk kamu pulang.
Untuk para traveler, pergi menjelajah memang sudah menjadi suatu keharusan! Jadi, di materi ini kita akan belajar tentang doko he (kemana?).

Materi 22
Jika bepergian, tentunya erat kaitannya dengan kendaraan, termasuk kaki kamu… hehe…
Di materi ini, kita akan membahas tentang nande atau menggunakan apa saat kamu pergi ke suatu tempat tersebut.

Materi 23
Mungkin ada yang suka pergi sendirian, tetapi kebanyakan dari kita selalu ingin membawa seseorang dekat pergi ke tempat spesial.
Istilahnya… berbagi kebahagiaan… hoho
Tentunya, materi ini kamu bisa belajar menyatakan dare to (dengan siapa?).

Add Your Heading Text Here

Doko e?
Untuk bagian ini, TheDailyJapan.com tidak hanya menjelaskan tentang cara menanyakan pergi kemana saja, tetapi juga lebih cenderung menitik beratkan pada partikel he.
Tidak hanya pergi, juga terdapat contoh kalimat tentang Datang dan Pulang. Semuanya bisa dibaca di sini.

Partikel de
kursus-jepang-evergreen.com juga menjelaskan lebih lengkap tentang partike de beserta fungsinya.
Mungkin bisa kamu pelajari terlebih dahulu dasarnya sebelum masuk ke materi 22 Weihome Gakuen. Link-nya ada di sini.

Dare to?
SekolahJepang.com juga tidak hanya menjelaskan tentang kata dare saja, melainkan terdapat pula beberapa kata tanya penting lainnya yang bisa kamu baca.
Tentunya, untuk sub bahasan dare, terlihat sangat lengkap…
Lihat yuk di sini.

BAB 8

PARTIKEL WO DAN KATA AJAKAN

Jika berbicara mengenai partikel wo, tentu saja erat kaitannya dengan kata kerja.

Yups, di bab ini bisa menjadi jembatan buat kamu untuk mengenal lebih dalam tentang kata kerja nantinya.

Karena memang pada dasarnya, partikel wo selalu disandingkan dengan kata kerja.

Selain itu, nantinya teman-teman juga akan belajar tentang kata ajakan, yang juga menggunakan kata kerja.

Penasaran? ayo kita mulai belajarnya!

Partikel wo & ~Masenka

(Weihome Gakuen)

Materi 24
Makan nasi? minum susu? mencintaimu?
hey hey hey…
Di materi inilah kita akan mempelajari dasar cara mengucapkan kata-kata kerja tersebut.
Tentunya dengan bantuan si partikel wo.

Materi 25
Melakukan sesuatu tetapi tidak tahu tempat? Ini bisa bahaya, karena bisa mengganggu privasi orang.
Apalagi di Jepang yang budaya saling menghormatinya sangat tinggi.
Di materi beli dimana ini, kamu bisa belajar lebih banyak.

Materi 26
Makan kok sendirian aja? jalan-jalan juga kok sendirian aja?
Ga ngajak yang lain?
Biar seru, coba lakukan barengan sama orang yang dekat sama kamu.
Jangan lupa diajak, dengan belajar ~masenka (kata ajakan).

Sumber Lain

Partikel wo
GuideToJapanese.org mengatakan bahwa partikel wo merupakan partikel yang paling mudah dimengerti.
Masa iya?
Jika penasaran, kamu bisa langsung cek ke tempatnya. Terdapat pula contoh kalimat partikel wo loh! Yuk, ada di sini.

Belanja
wkwkjapan.com lagi-lagi memberikan materi terbaik, kini dalam pembahasan berbelanja.
Minna-san akan mempelajari kosakata, kotoba, hingga cara pembentukan kalimatnya, atau pola dan partikel kalimat saat membeli sesuatu. Bisa kamu pelajari di sini.

Kata Ajakan
sawadaa.blogspot.com tidak hanya menjelaskan satu jenis kata ajakan saja, melainkan tiga jenis beserta cara penggunaannya.
Kamu bisa belajar tentang masenka, mashou, dan mashouka.
Ketiga kata tersebut memang untuk mengajak seseorang, tetapi ada perbedaan tersendiri. Pengen tahu? Yuk, baca di sini.

BAB 9

MEMBERI DAN MENERIMA

Karena pada dasarnya memberi dan menerima termasuk ke dalam kata kerja, jadi teman-teman tidak akan terlalu kaget saat masuk ke bab ini, karena sudah belajar bab sebelumnya tentang partikel wo.

Bab ini juga merupakan kalimat dasar dari penggunaan agemasu dan moraimasu.

Karena di materi depan nanti, kedua kata tersebut juga akan lebih bervariatif, dimana digabung dengan kata kerja lainnya.

Jadi, sebelum hari itu tiba, pastikan teman-teman sudah menguasai bab ini ya!

Agemasu Moraimasu

(Weihome Gakuen)

Materi 27
Di beberapa titik, terkadang obrolan kita selalu terpotong oleh sesuatu.
Maka dari itu, di materi ini kita akan sedikit ngebahas materi yang sudah dibahas sebelumnya, aku namakan nande part 2.
Kayak nama orang di Facebook ya…
(erdywei selalu sendirian part 2)… hehehe…

Materi 28
Ada debit ada kredit, ada memberi ada pula menerima.
Ini hukum alam… jadi kalau hanya menerima saja ga balance.
Kalo sering menerima, jangan lupa sedekah… hehehe
Yosh… mulai belajar yuk tentang memberi dan menerima.

Sumber Lain

Partikel de
ridhonuranggi6.wordpress.com menerangkan partikel de dengan begitu singkat namun padat.
Terdapat pula beberapa contoh kalimat yang bisa kamu baca dan pelajari.
Selain itu, kamu juga bisa mengetahui perbedaan penggunaan partikel de dan ni di akhir pelajaran. Segera baca yuk di sini.

Agemasu Moraimasu
bazemaru.wordpress.com mengawali materi ini dengan pola dan contoh kalimat. 
Setelah itu, terdapat pula perbedaan antara agemasu dan moraimasu. Coba dilihat yuk di sini.

BAB 10

KATA SIFAT BAHASA JEPANG

Suki? Kawaii? Omoshiroi?

Semua itu merupakan 3 kata dari sekian banyaknya kata sifat di bumi ini… 

eh… maksudnya di dalam bahasa Jepang.

Di bab ini, teman-teman akan masuk ke tahap baru yang selama ini belum pernah dipelajari sebelumnya.

Meskipun masih terdapat sangkut paut dengan partikel dan pola kalimat di bab sebelumnya, tetapi mulai dari sekarang teman-teman akan semakin melihat begitu beragamnya perubahan dalam bahasa Jepang.

kata sifat bahasa jepang

i-keiyoushi & na-keiyoushi

(Weihome Gakuen)

Materi 29
Berbeda dengan bahasa Indonesia, kata sifat bahasa Jepang itu dibagi ke dalam 2 tipe yang berbeda.
Ada na-keiyoushi dan i-keiyoshi.
Apa pula itu?
Tenang, nanti dijelasin satu per satu.
Untuk sekarang, kita belajar dulu i-keiyoushi atau kata sifat-i.

Materi 30
Kata sifat-i ini masih berlanjut hingga ke materi 30.
Ternyata masih panjang ya… hihi
Di materi ini, kamu akan belajar cara menggabungkannya dengan kata benda. Tentunya sangatlah sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Jadi ayo cek ke i-keiyoushi part 2.

Materi 31
Senpai, anata no koto ga suki desu!
Buat penggila dorama atau anime romance, pasti sering kalimat itu dong?
Kabar baiknya, di sini kamu akan belajar lebih banyak tentang kata dasar dari kalimat legend tersebut. Adanya di kata sifat-na.

Materi 32
Hanya dua tipe saja sudah banyak pembahasan yang harus dipelajari ya…
Maka dari itu, aku ingin bikin rangkuman atau kilasan dari ketiga materi di atas.
Semuanya bisa kamu pelajari ulang di halaman kata sifat bahasa Jepang.

Sumber Lain

Kata Sifat-i
Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang daftar kata sifat-i, maka kamu bisa mengunjungi website bernama kursus-jepang-evergreen.com
Selain itu…
Terdapat pula beberapa contoh kata sifat-na.
Bisa kamu pelajari di sini.

Kata Sifat-i dan Kata Benda
Di part 2-nya kata sifat-i milik Weihome Gakuen, kita mencoba menjelaskan penggabungan antara i-keiyoushi dan kata benda.
Nah, di wkwkjapan.com menyebutnya dengan “sebagai pewatas kata benda.”
Yuk, ditengok di sini.

Kata Sifat-na
Weihome Gakuen memang membahas secara gamblang tentang kata sifat-na, tapi purnomosejati.wordpress.com juga menjelaskan kata sifat-i dan -na di dalam satu tempat.
Terdapat pula kotoba dan perubahan dari bentuk positif, negatif, dan lampau. Bisa kamu lihat di sini.

Kata Sifat Bahasa Jepang
Saatnya masuk ke rangkuman.
Kata sifat bahasa Jepang memang sedikit banyak membutuhkan tenaga ekstra untuk mengingatnya. Selain tipe, juga perubahannya berbeda.
Kamu juga bisa coba melihat rangkuman kata sifat yang diberikan oleh hikansakura.blogspot.com di sini.

 

BAB 11

PARTIKEL GA DAN KATA BANTU BILANGAN

Kita tahu bahwa di dunia ini terdapat benda mati dan benda hidup.

Dalam bahasa Jepang, terdapat satu kata yang mampu membedakan kedua makhluk tersebut, yaitu makhluk hidup dan makhluk tak bernyawa.

Kita sebut saja bab ini dengan sebutan “antara ada dan tiada”.

Yups, karena minna-san akan mempelajari cara menyatakan ada atau tidak adanya benda tersebut, tentunya dengan bantuan si partikel ga.

Di akhir materi, teman-teman juga akan belajar tentang kata bantu bilangan. Semakin seru deh!

kata bantu bilangan bahasa jepang

Partikel Ga & Aru Iru

(Weihome Gakuen)

Materi 33
Kita kembali mempelajari partikel setelah beberapa partikel di bab-bab sebelumnya.
Tetapi, berbeda dengan partikel seperti wa, no, de, atau ni, partikel di materi ini cenderung memiliki banyak fungsi!
Yups, banyak fungsi.
Tapi jangan dijadikan momok ya! Kalau sudah dipelajari tidak serumit kedengarannya. Yuk, kita kenali partikel ga.

Materi 34
Ada seseorang, ada sesuatu, ada dan tiada…
Kata di atas seringkali digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Menyatakan keberadaan seseorang atau benda, (punya pacar atau jomblo), semuanya bisa kamu pelajari di materi arimasu dan imasu!

Materi 35
Terkadang, beberapa percakapan itu haruslah dibicarakan secara detail, biar ga salah paham.
Sama halnya dengan materi arimasu dan imasu yang satu ini.
Ini adalah part 2 dari partikel tersebut, dan semuanya bisa dipelajari di materi aru iru.

Materi 36
Tung hitung… belajar lagi menghitung…
Eits, tapi bukan menghitung angka ichi ni san yon ya… kita akan masuk ke tahapan berikutnya.
Di sini, kamu akan belajar cara menghitung orang, benda, buah, batang, dan lain sebagainya.
Psstt… cukup rumit tapi asik loh, dan bisa kamu lihat di kata bantu bilangan.

Sumber Lain

Partikel ga
Yups…
Partikel ga memang memiliki banyak fungsi.
Weihome Gakuen juga sudah menjelaskan 3 diantara banyaknya fungsi dari partikel yang satu ini.
Tapi, mahasaldiva.blogspot.com menjelaskan 4 selain dari WG ajarkan.
Cari tahu satu lagi di sini.

Arimasu Imasu
Keduanya bisa berarti “ada”.
Tapi ada perbedaan cara penggunaannya.
Well, masih ada sangkut pautnya juga dengan partikel ga.
Yuk, ditengok di sini.

Letak Benda
Masih nyangkut pautin kedua materi di atas.
Jika berbicara masalah ada atau tidaknya barang, tentunya erat kaitannya juga dengan letak benda tersebut.
Di Hikariu.blogspot.com menjelaskan secara detail tentang kosakata letak benda. Bisa kamu baca di sini.

Kata Bantu Bilangan
Percaya atau nggak, ini materi yang bikin buat aku hampir nyerah.
Tapi untungnya masih tetap lanjut karena motivasi tertentu.
Well… Well… Memang susah bila menghitung berdasarkan bilangan.
Harus dihapal.
Nihongo-benkyoushimasu.blogspot.com memberikan sederet kata bantu bilangan buat kamu pelajari.
Bisa kamu tengok di sini.

 

BAB 12

YORI

Selalu merasa dibanding-bandingkan dengan orang lain?

Santai! Itu hal wajar kok! Ga usah merajuk, galau, atau bahkan minder!

Karena pada dasarnya, semua hal di dunia ini secara sengaja ataupun tidak sengaja memiliki nasib yang sama.

Kota yang lebih kecil, makanan yang lebih enak, minuman yang lebih manis, dan masih banyak yang lainnya.

Bab ini tentunya akan membahas itu semua. Termasuk penggunaan yori, menyatakan “mana yang lebih”, hingga menyatakan “yang paling bla bla bla”.

 

yori bahasa jepang

Yori, Dochira ga, Ichiban ga

(Weihome Gakuen)

Materi 37
Ini adalah episode yang menjelaskan cara membandingkan antara satu benda dengan benda yang lainnya.
kalo kata pedagang mah “Dipilih.. dipilih.. dipilih..”.
Nah, salah satu memilihnya tentu saja dengan membandingkan diantara kandidat mana yang lebih baik bukan? Karena sobat semua berhak mendapatkan yang terbaik… Makanya, belajar penggunaan yori yuk!

Materi 38
Sudah menjadi hal alamiah jika kita tidak suka dibanding-bandingkan, tetapi sayangnya kita pun selalu membandingkan hal-hal di sekitar kita.
Lebih panas, lebih dingin, lebih kaya, lebih enak, dan lain sebagainya.
Meskipun begitu, semua ini dilakukan agar kita mendapatkan yang terbaik, maka kita harus belajar materi ini yang aku sebut dengan yang mana yang lebih.

Materi 39
Setelah memilah dan memilih, sudah saatnya kamu menemukan yang terbaik untuk kamu.
Ya… dia…
Dialah yang terbaik dan tak tergantikan…
Huhuy… Bisa kamu pelajari di materi ichiban ga.

 

Sumber Lain

Partikel Yori
Kita memang ga suka dibanding-bandingkan…
Tapi tetap harus dipelajari partikel ini demi kesejahteraan karena sering dipakai di kehidupan sehari-hari… hahay….
violethasegawa48.blogspot.com menjelaskan partikel yori dengan ditambahi partikel ya.
Apakah kedua partikel tersebut saling berhubungan?
Yah… cari tahu sendiri aja yah.. di sini.

Dochira ga~
Masih saja berbicara mengenai membanding-bandingkan.
Well… ga apa-apa lah ya kalau barang mah…
Asal jangan gebetan sama mantan…
Haha…
Nihonakai.blogspot.com mengawali materi dochira ga~ ini dengan kosakata yang kemudian disusul dengan contoh kalimat lengkap.
Mantap pokoknya! Cek yuk di sini.

Ichiban ga~
Siapakah orang murid paling tamfan dan cuantik di Weihome Gakuen? Kamu kah?? 
Sebelum bisa ngaku-ngaku, pelajari dulu materi ichiban ga~
WG kurang komplit? Coba di wkwkjapan.com deh!
Materinya ada di sini.

BAB 13

KATA KERJA

Jika teman-teman selalu bertanya apakah bahasa Jepang memiliki kata kerja?

Tentu saja ada…

Hanya saja, dalam bahasa Jepang kata kerja selalu dipelajari setelah melewati berbagai macam materi termasuk partikel dan pola kalimat.

Setelah menginjak bab ini, teman-teman akan mengenal lebih jauh tentang bahasa Jepang, karena menurutku kata kerja B.Jepang sangatlah unik….

Tahu kenapa? Karena kata kerjanya memiliki perubahan kata yang paling banyak! Sangaaaaat banyak!

 

Doushi

(Weihome Gakuen)

Materi 40
Sambut ketiga teman baru kamu.
Jangan lupakan pula namanya ya!
Jika kata sifat dibagi ke dalam 2 tipe, kata kerja dibagi ke dalam 3 tipe, dan masing-masing memiliki nama sendiri.
Jadikan mereka teman dimulai hari ini ya… Temui dan segeralah berkenalan dengan mereka di materi kata kerja.

Materi 41
Agumon berubah menjadi…. Greymon!
Itu loh… anime monster yang berjudul Digimon, dimana monster-monsternya bisa berevolusi berubah bentuk dan nama.
Sama halnya dengan kata kerja dalam bahasa Jepang. 
Cukup di materi ini, kamu akan belajar perubahan kata kerja bentuk ~masu

Materi 42
Ada sumbu negatif, ada pula sumbu positif. Ada plus ada minus. Ada cewek ada cowok.
Ada kata kerja positif, ada pula kata kerja negatif.
Jangan lupakan juga masa lalu ya! hehehe…
Jadi, ayo belajar kata kerja positif, negatif, dan lampau.

 

Sumber Lain

Daftar Kata Kerja
Weihome Gakuen hanya membahas tentang tiga tipe jenis kata kerja.
Intinya, kata kerja bahasa Jepang dibagi ke dalam tiga bagian.
Nah, di bahasajepangbersama.com ini tersedia daftar kata kerja buat kamu hafalkan.
Bisa kamu lihat di sini.

Kata Kerja Bentuk ~masu
Yups… Kata kerja bahasa Jepang dibagi ke dalam 3 bagian.
Udah deal setuju ya~
Sekarang, kita bahas cara merubah ketiga tipe kata kerja tersebut ke dalam bentuk masu.
nihon5gakumon.blogspot.com juga membahas secara detail loh perubahannya. Ada di sini.

Kata Kerja ~masen, ~mashita, ~masen deshita.
Sama seperti Weihome Gakuen, salah satu situs terbaik bahasa Jepang, wkwkjapan.com juga menerangkan perubahan ~masu-kei ke dalam beberapa situasi selai positif, yaitu negatif, positif lampau, dan negatif lampau.
Tengok aja yuk di sini.

BAB 14

BENTUK KEINGINAN

Manusia selalu saja tidak pernah puas…

Dari satu keinginan yang kemudian berpindah ke keinginan lain.

Tidak memandang jenisnya, baik itu impian atau hanya nafsu semata.

Maka dari itulah, sebelum teman-teman mulai menunjuk satu barang ke barang yang lain untuk dimiliki, atau berbagai macam kegiatan yang ingin dilakukan, ada baiknya untuk tidak melewatkan bab ini.

Setelah belajar beberapa materi di bab ini, tentunya kamu bisa merengek minta sesuatu kepada si doi. ohoyyy…

kata kerja bentuk keinginan bahasa jepang

Add Your Heading Text Here

(Weihome Gakuen)

Materi 43
Tetapi, jangan terlalu banyak merengek.
Kita juga harus berusaha untuk mewujudkan keinginan kita dengan tangan kita sendiri!
Atau mendapatkan sesuatu yang kamu impi-impikan selama ini.
Make your dreams come true!
Jadi, ayo kita belajar menyatakan keinginan!

Materi 44
Ada keinginan ada aksi, bukan teori semata.
Jika sobat ingin melakukan sesuatu, segeralah lakukan sebaik mungkin.
Selama konteksnya positif ya!
Untuk menyatakannya dalam bahasa Jepang, kamu harus belajar dulu kata kerja bentuk keinginan tentunya.

Materi 45
Pergi untuk kembali…
Begitulah tekad seseorang yang ingin pergi ke Jepang dan menempuh hidup LDR-an.
Di materi ini juga kita akan membahasnya, sebuah partikel yang menyatakan pergi untuk melakukan sesuatu. 
Tak percaya? Coba aja tengok di penggunaan ni iku.

 

Sumber Lain

Hoshii
Hoshii artinya ingin.
Tapi tentunya ada pola kalimat yang disusun untuk menyatakan keinginan tersebut.
Tentunya, Weihome Gakuen sudah menerangkannya lebih dalam.
Tapi bagi kamu yang kekurangan contoh kalimat, bisa mengunjungi gemarbahasajepang.blogspot.com yang ada di sini.

Kata Kerja Bentuk ~tai
Menyatakan keinginan itu ga hoshii melulu loh.
Terlebih jika berhubungan dengan keinginan melakukan sesuatu.
Bentuk kata kerja harus dirubah dulu ke dalam bentuk ~tai.
Weihome Gakuen juga sudah membahasnya.
Tetapi belajarbahasajepangpemula.blogspot.com sudah memberikan banyak contoh kalimat. Kamu bisa lihat di sini.

KK ni iku / (kata kerja)
Pergi untuk bla bla bla.
Bisa menggunakan kata kerja ni iku.
Tetapi sebenarnya konteksnya tidak terbatas pada kata iku atau pergi saja loh! Pake kata kerja lainpun ternyata bisa.
Seperti dalam buku berjudul Kamus Asyik Percakapan Sehari-hari Bahasa Jepang, yang bisa kamu baca di sini.

BAB 15

~TE KEI: KATA KERJA BENTUK ~TTE

Seperti yang sudah aku beritahu sebelumnya, kalau kata kerja bahasa Jepang itu memiliki berbagai macam perubahan bentuk, salah satunya adalah kata kerja bentuk ~te.

Atau bahasa resminya… ~te kei.

Kata dasarnya adalah perubahan ke bentuk ~te, yang kemudian bisa dimanipulasi menjadi berbagai macam kegunaan dan fungsi.

Halah… ngomong apa sih aku ini? pasti bikin kamu pusing ya… hehehe…

Intinya, kata kerja bentuk ~te ini merupakan satu dari beberapa perubahan dasar terpenting yang harus kamu pelajari secara sempurna.

 

te kei bahasa jepang

Kata Kerja Bentuk ~te

(Weihome Gakuen)

Materi 46
Masih berbicara mengenai evolusi nih…
Kali ini kita akan berbicara mengenai kata kerja yang diubah menjadi bentuk ~te.
Jangan dulu buru-buru bertanya buat apa ya… Soalnya fungsinya banyak banget.
Intinya, ketahuilah dulu perubaha kata kerja bentuk ~tte kawan!

Materi 47
Suka main jadi raja-rajaan? Atau memang suka jadi orang tukang perintah di kehidupan nyata?
Maka materi ini bakal jadi favorit buat kamu. 
Toh, di materi pola kalimat ~te kudasai ini kamu akan berlatih menjadi seorang bos sejati!

Materi 48
Jika masa lalu menjadi kenangan, dan masa depan menjadi sebuah rencana, maka masa kini masih akan tetap terus berlangsung.
Yups, apapun yang terjadi.
Masih di kata kerja ~te kei, dimana di materi ini, kita akan merubahnya menjadi bentuk kata kerja berlangsung.
Kamu bisa mempelajarinya di materi kata kerja ~te iru.

Materi 49
Mintalah maaf, dan bukan izin.
Begitulah kata seseorang yang sekarang telah menjadi guru aku.
Cukup menarik…
Tapi tetap saja, meminta izin di beberapa situasi memang diperlukan.
Jadi, ayo kita belajar kata kerja ~te mo ii untuk berjaga-jaga.

Materi 50
Banyak hal yang harus dilakukan dari waktu ke waktu.
Satu impian pun berganti menjadi impian baru.
Nah, jika dalam satu waktu memiliki pekerjaan beruntun, sudah saatnya kamu belajar cara menyambung kata kerja.

 

Sumber Lain

Mengubah ~masu menjadi ~tte
Buat kamu yang masih bingung cara mengubah kata kerja ke dalam bentuk ~te, mungkin penjelasan dari nippon-esia.blogspot.com dapat membantu kamu.
Terdapat tabel lengkap cara pengubahan dari bentuk ~masu ke dalam bentuk ~tte.
Bisa kamu tengok di sini.

Bentuk Perintah
Untuk menjadikan kalimat perintah, maka kamu harus mengubah kata kerja biasa menjadi kata kerja bentuk ~tte terlebih dahulu.
Terdapat banyak sekali contoh kalimat yang bisa kamu temukan di japanesia.id.
Bisa kamu baca-baca di sini.

Kata Kerja ~te iru
Yups, ini kata kerja yang berubah menjadi kata kerja bentuk berlangsung.
Kalau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Verb -ing.
Tapi, dalam bahasa Jepang ~teiru ini tidak hanya sebatas itu saja. 
nihongowobenkyoushimashiyou.blogspot.com membaginya ke dalam 5 fungsi, yang bisa kamu pelajari di sini.

Kata Kerja Bentuk Perizinan
Ini pun masih menggunakan kata kerja bentuk ~tte, yang dimana diikuti dengan kalimat ~mo ii.
NHK mencoba menjelaskan perubahan kata kerja ini dengan sangat simple.
Ayo, bisa kamu lihat di website resminya.
Ada di sini.

Menyambung Kata Kerja
Kalau menjelaskan apa yang dilakukan satu per satu bisa memakan waktu dan tenaga.
Jadi, bisa kita sambung kalimatnya sekaligus.
BelajarBahasaJepangYuk.worpdress.com juga menjelaskan materi ini dengan cara mudah. Bisa kamu lihat di sini.

BAB 16

~NAI KEI: KATA KERJA NEGATIF

Sama halnya seperti materi di bab sebelumnya, kata kerja bentuk negatif juga bisa menjadi dasar dalam membentuk berbagai macam fungsi dari suatu kalimat.

Sebutan resminya… ~nai kei.

Pada dasarnya, kata kerja bentuk ~nai atau ~nai kei ini merupakan kata kerja bentuk negatif.

Tapi ternyata tidak hanya itu saja, karena bisa digabung dengan berbagai macam partikel sehingga membentuk arti dan fungsi lain.

Cukup menarik atau membuat kamu pusing? hehehe…

Jangan nyerah dulu kawan! Perjuangan masih harus berlanjut.

kata kerja bentuk negatif

Kata Kerja Bentuk ~nai

(Weihome Gakuen)

Materi 51
Kalimat penyangkalan ya…
dewa arimasen?
Ya ya ya… ini memang salah satu bentuk penyangkalan.
Tapi dalam kata kerja, ada pula cara mengubah dari bentuk positif ke bentuk negatif.
Kita sebut saja, kata kerja bentuk ~nai

Materi 52
Kita lanjutkan…
Perubahan kata kerja bentuk ~nai juga bisa memiliki fungsi larangan jika digabung dengan partikel lain loh!
Keren kan.
Jadi, di materi ini kita akan membahasnya di kata kerja bentuk larangan.

Materi 53
Kewajiban setiap warga negara Indonesia…
Menjadi suatu keharusan untuk dilakukan.
Betul atau tidak?
Jadi, di materi ini kita akan membahas tentang kata kerja bentuk keharusan.

Materi 54
Daijoubu!
Boku wa tidak apa-apa, selama masih ada kamu di sini.
Woy woy woy… balik lagi jadi lebayer.
Tau tidak? Kalau daijoubu juga bisa dibentuk oleh kata kerja.
Kamu bisa mempelajarinya di kata kerja ~nakute mo ii.

 

Sumber Lain

Kata Kerja ~nai
Kata kerja ini merupakan kata negatif paling mentah atau baku dari kata kerja biasa.
Intinya, ini perubahan tingkatan yang paling mudah menurutku.
BelajarBahasaJepangPemula.blogspot.com menyajikan materi ini dengan membagi ketiga golongan kata kerja yang sudah kita bahas sebelumnya. Materinya ada di sini.

Kata Kerja Larangan
~nai de kudasai…
Itulah yang Weihome Gakuen ajarkan di materi ke-52 nya.
Nah, di sebuah blog bernama basajepang.blogspot.com, ada cara lain pula yang bisa digunakan untuk menyatakan kata kerja larangan.
Seperti apakah itu? Yuk diintip di sini.

BAB 17

DEKIRU DAN MAE NI

Katanya, manusia itu terlahir dengan dua tipe berbeda, yaitu mereka yang pekerja keras, dan mereka yang memiliki bakat.

Tetapi kadang orang selalu salah menilai bahwa orang yang memiliki bakat tidak harus bekerja keras…

Padahal tidak sama sekali.

Orang yang memiliki bakat pun harus menjalani berbagai macam latihan sebelum menjadi DEKIRU… atau menjadi bisa.

Seperti kamu yang tengah belajar bahasa Jepang…

Tentunya sebelum nihongo ga dekiru (bisa bahasa Jepang), sono mae ni, Weihome Gakuen de issho ni benkyou shimashou!!!!

Dekiru & Mae ni

(Weihome Gakuen)

Materi 55
Tahu tidak?
Dari kebiasaan yang selalu dilakukan setiap saat, serumit apapun itu, nanti lama-lama jadi bisa.
Makanya, belajar bahasa Jepang pun haruslah dijadikan kebiasaan.
Biar nantinya bisa jadi dekiru!

Materi 56
Persiapan adalah resep untuk menjadi pemenang.
Jika kamu pergi ke medan perang tanpa tahu siasat, maka kemungkinannya kecil. Itupun mungkin harus didorong dengan faktor luck.
Bagi orang Jepang, junbi atau persiapan adalah segalanya.
Maka, kita pun harus mencontoh dengan belajar mae ni, dimulai hari ini juga.

Sumber Lain

Belum nemu yang bagus… hehehe

KESIMPULAN

Bagaimana dengan belajar secara otodidaknya?

Btw, materi di atas merupakan materi-materi yang bisa kamu pelajari untuk bisa lulus di Noken N5 loh.

Intinya, dengan belajar secara sendiripun kamu bisa ikut dan lulus Tes Kemampuan Bahasa Jepang, atau Nouryoku Shiken, atau JLPT N5.

Selain itu, apakah sumber lain yang disajikan di sini juga menarik? Atau jangan-jangan kamu juga punya konten sejenis yang bisa aku masukin di website ini? Kasih tau ya…hehehe…

Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Bocoran… Materi N4 sedang dibuat dan disusun loh!